Valentine's Day Pumping Heart

Sabtu, 09 Maret 2013

JAMUR TIRAM YANG BERKUALITAS DARI BIBIT SUPER

Sebuah rahasia besar yang selama ini tertutup rapat bagaimana orang orang mengembangkan dan membudidayakan Jamur Tiram, mereka hanya membuka sebagian kecil dari rahasia mereka dan hanya berbagi sebagian kecil dari pengalaman mereka.

Usaha budidaya jamur tiram putih sebenarnya tidaklah sulit untuk dikembangkan, asalkan dengan tekat yang kuat, kesungguhan dan kesabaran yang tinggi... Siapapun dapat menjalankannya. Apalagi prosfek kedepannya usaha ini cukup menjanjikan.. Selain dapat dijalankan sebagai usaha sampingan juga bisa dijadikan sebagai usaha pokok, asalkan benar-benar ditekuni.

 

Budidaya jamur tiram putih tidak hanya tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi/ pegunungan saja, tapi juga dapat tumbuh dengan subur dan normal didaerah dataran rendah alias daerah pesisir pantai. kami sudah mencobanya dan alhamdulillah BERHASIL..!!! 

Bagi kami tidak ada yang tidak mungkin dapat terjadi asalkan kita mau BERDO'A, BERUSAHA dengan maksimal dan BERTAWAKAL kepada ALLAH S.W.T..InsyaAllah akan suksesss...!!!

 

  KAMI SELALU SIAP MEMBANTU ANDA DALAM

MEMULAI

MEMBUDIDAYAKAN JAMUR TIRAM PUTIH

 

 
SERTA MELAYANI
PEMESANAN BAGLOG F3 & KURSUS PELATIHAN LANGSUNG
DENGAN DILENGKAPI BONUS PANDUAN
VCD / DVD

Bagi Anda Yang Berada diLuar Daerah
Diseluruh Nusantara 
Kami Hadir Membuka Pelatihan

Dengan Tarif Sebagai Berikut :
 1 Orang Saja : Rp. 1 Juta 
 2 s/d 3 Orang  : Rp. 750 ribu / Orang
 4 Orang atau lebih : Rp. 500 Ribu / Orang

HARGA BAGLOG F3 DARI KAMI Rp. 7.000/Bh
MINIMAL HARUS MENGAMBIL SEBANYAK 500 Buah


UNTUK HARGA BIBIT F2 PER BOTOL Rp.15 Ribu
( Belum Termasuk Ongkos Kirim ) 

PRODUK HERBAL JAMUR TIRAM PUTIH 

 

Adalah jenis Pangan Vegetarian, Sangat Enak Untuk di Makan
Siapapun Anda Kalau Sudah Merasakan Nikmatnya  Pasti Akan KETAGIHAN
Untuk Mengkonsumsinya Kembali … ?

BAGI PARA  KONSUMEN LOKAL



KAMI JUGA MENJUAL/MELAYANI PEMESANAN ANTAR LANGSUNG KE TEMPAT TUJUAN ANDA
JAMUR TIRAM PUTIH SEGAR SETIAP HARINYA

(100% BEBAS PESTISIDA & BAHAN PENGAWET)

Jika Anda Berminat Silakan Hubungi Kami :
 A'n NOORDIAN, SE
Telp / Sms : 08125034725
PIN BB 7E9A167E
WhatsApp : 0831 5374 2119

Alamat : Jl. Raya Stagen No.32 Kotabaru
 Kalimantan Selatan

Salah satu usaha agrobisnis yang cukup realistis untuk dijalankan adalah budi daya jamur tiram. Awalnya usaha ini hanya berkembang didaerah JAWA saja, namun sekarang sudah merambah sampai ke KALIMANTAN, SULAWESI, SUMATERA, PAPUA dan daerah lainnya di INDONESIA... Usaha ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan yang lainnya, yaitu sbb:



  1. Pangsa pasar yang luas sehingga tidak ada kesulitan dalam memasarkan produk.
  2. Perawatan yang mudah dan murah, karena tidak memerlukan biaya tambahan seperti halnya biaya pemupukan, penyiangan dll.
  3. Tidak tergantung pada musim, karena pemeliharaan dilakukan di dalam ruangan kumbung yang tertutup.
  4. Bahan baku yang melimpah dan murah
  5. Satu kumbung dengan kapasitas 10.000 baglog cukup ditangani oleh satu orang tenaga kerja, sehingga akan menghemat biaya tenaga kerja
  6. Panen setiap hari, sehingga perputaran modal lebih cepat
  7. Harga jual relative stabil, sehingga resiko kerugian sangat kecil
  8. Bisa dijalankan oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang pendidikan, asal ada kemauan dan keseriusan pasti bisa menjalankan usaha ini.
    Dalam skala rumahan bisa dilakukan di pekarangan rumah atau kamar kosong yang selama ini tidak dimanfaatkan
  9. Limbah sisa produksi  dapat digunakan sebagai penyubur tanaman.  
  10.  
MANFAAT JAMUR TIRAM PUTIH UNTUK KESEHATAN



Pada mulanya sebagian besar masyarakat Kotabaru menganggap bahwa jamur itu identik dengan racun. Mereka banyak yang takut untuk mengkonsumsinya. Tapi sekarang sudah berubah, mereka sudah mulai memahami bahwa tidak semua jamur itu beracun dan membahayakan. Justru banyak jenis jamur yang selain rasanya enak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satu contoh jamur tiram putih. Para pakar jamur telah melakukan penelitian, bahwa jamur tiram putih banyak memiliki manfaat positif untuk kesehatan kita.


Jamur tiram mengandung banyak khasiat sebagai antibakteri, antivirus, antioksidan,antitumor, menormalkan tekanan darah, menurunkan  kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan syaraf dan dapat untuk mengurangi stress. 

Jamur tiram juga kaya mineral dan vitamin-vitamin penting terutama kelompok vitamin B, Vitamin C, dan provitamin D serta asam karbonat. Jamur ini juga merupakan sumber mineral utama yang baik seperti kalium, fosfor, natrium, kalsium, dan magnesium. Jamur itu gizinya sangat banyak," ujar Netty dalam orasi pengukuhan profesor riset bidang bioteknologi umum di BPPT. 


 

Jamur Tiram Putih berguna sebagai pencegah hipertensi, mencegah kanker dan mengandung lovastatin (penurun kolesterol). Para ahli di luar negeri telah berhasil mengekstrak Jamur Tiram Putih untuk mengambil senyawa aktif lovastatin.

Orang-orang Jepang dan Cina telah mengkonsumsi Jamur ribuan tahun yang lampau. Bahkan dalam sebuah riwayat mengatakan bahwa para Nabi-nabi pada jaman dulupun menjadikan jamur sebagai salah satu santapan kesenangannya. 

Jamur juga bisa dijadikan sebagai penyedap makanan. Kandungan asam amino pada jamur erat kaitannya dengan cita rasa sehingga jamur tiram dapat digunakan sebagai penyedap makanan. Jamur tiram mengandung asam glutamat yang membuat gurih masakan, sehingga dapat dijadikan sebagai penyedap rasa.

 

 

Jamur mempunyai antioksidan yang aktif untuk melawan radikal bebas. Serat tidak larut {insoluble dietary fiber /IDF) pada jamur tiram 39,8 persen sangat baik untuk pencernaan, sisanya serat larut yang baik untuk kolesterol. Jamur pun sangat cocok bagi pelaku diet karena kandungan kalorinya yang rendah. Tak hanya itu, jamur juga mengandung glucan, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalau kita mengonsumsi rutin 6-7 gram per hari, maka daya tahan tubuh kita akan baik.

 

 

Jamur tiram merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur tiram juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit, seperti lever, diabetes, anemia, sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol.

 

 

Di samping itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan. Di dalamnya terkandung 9 asam amino esensial dengan kadar protein 19-35% (lebih rendah dari kedelai dan susu). Jadi jamur ini dapat dijadikan sumber protein nabati di samping kacang-kacangan. Jenis vitamin di dalam jamur adalah vitamin B1, B2, niasin, biotin dan vitamin C. Selain itu di dalamnya terdapat mineral K, P, Ca, Na, Mg dan Cu. Selain campuran pada berbagai jenis masakan, jamur tiram merupakan bahan baku obat.

 



Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah Jamur Pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.


KARAKTERISTIK


Tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus) sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk. Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4 cm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat.



Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk. Tubuh buah terlihat saling bertumpuk di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau pokok batang pohon yang sudah ditebang karena jamur tiram adalah salah satu jenis jamur kayu. Untuk itu, saat ingin membudidayakan jamur ini, substrat yang dibuat harus memperhatikan habitat alaminya. Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamur tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari sawmil.


SIKLUS HIDUP 
 



Pada umumnya jamur tiram, Pleurotus ostreatus, mengalami dua tipe perkembangbiakan dalam siklus hidupnya, yakni secara aseksual maupun seksual. Seperti halnya reproduksi aseksual jamur, reproduksi aseksual basidiomycota secara umum yang terjadi melalui jalur spora yang terbentuk secara endogen pada kantung spora atau sporangiumnya, spora aseksualnya yang disebut konidiospora terbentuk dalam konidium.  Sedangkan secara seksual, reproduksinya terjadi melalui penyatuan dua jenis hifa yang bertindak sebagai gamet jantan dan betina membentuk zigot yang kemudian tumbuh menjadi primodia dewasa. Spora seksual pada jamur tiram putih, disebut juga basidiospora yang terletak pada kantong basidium.



Mula-mula basidiospora bergerminasi membentuk suatu masa miselium monokaryotik, yaitu miselium dengan inti haploid. Miselium terus bertumbuh hingga hifa pada miselium tersebut berfusi dengan hifa lain yang kompatibel sehingga terjadi plasmogami membentuk hifa dikaryotik. Setelah itu apabila kondisi lingkungan memungkinkan (suhu antara 10-20 °C, kelembapan 85-90%, cahaya mencukupi, dan CO2 < 1000 ppm) maka tubuh buah akan terbentuk. Terbentuknya tubuh buah diiringi terjadinya kariogami dan meiosis pada basidium.


Nukleus haploid hasil meiosis kemudian bermigrasi menuju tetrad basidiospora pada basidium. Basidium ini terletak pada bilah atau sekat pada tudung jamur dewasa yang jumlahnya banyak (lamela). Dari spora yang terlepas ini akan berkembang menjadi hifa monokarion. Hifa ini akan memanjangkan filamennya dengan membentuk cabang hasil pembentukan dari dua nukleus yang dibatasi oleh septum (satu septum satu nukleus). Kemudian hifa monokarion akan mengumpul membentuk jaringan sambung menyambung berwarna putih yang disebut miselium awal dan akhirnya tumbuh menjadi miselium dewasa (kumpulan hifa dikarion). Dalam tingkatan ini, hifa-hifa mengalami tahapan plasmogami, kariogami, dan meiosis hingga membentuk bakal jamur. Nantinya, jamur dewasa ini dapat langsung dipanen atau dipersiapkan kembali menjadi bibit induk.

CARA BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH


Setelah mengenal sekilas tentang apa itu jamur tiram seperti yang sudah dibahas diatas, maka saatnya kita akan membahas tentang cara budidaya jamur tiram. Seperti yang secara umum sudah diketahui bahwa budidaya jamur tiram memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam proses budidayanya, sehingga budidaya jamur tiram ini  dapat dikelola secara   skala kecil, sedang dan besar.


Dalam budidaya jamur tiram akan ditemukan beberapa bagian penting yang akan dilalui, yaitu mulai dari persiapan budidaya, peralatan yang digunakan dalam membudidayakan jamur tiram, proses dan teknik budidaya, serta sampai pada proses pemanenan.

Untuk mengetahui step-step budidaya jamur tiram tersebut, maka berikut akan disajikan secara lengkap kepada Anda, dan akan dimulai dari proses persiapan budidaya jamur tiram.


1. Persiapan Budidaya Jamur Tiram

Dalam usaha budidaya jamur tiram,  yang terutama dipersiapkan adalah kumbung jamur atau bangunan untuk tempat mengembangbiakkan/ membudidayakan jamur tiram. Dalam hal ini bangunan atau ruangan rumah juga bisa digunakan asalkan memenuhi syarat . Adapun ruangan - ruangan yang harus dipersiapkan untuk kegiatan budidaya jamur tiram, adalah sbb:

A. Ruang Persiapan

Ruangan ini digunakan untuk melakukan berbagai kegiataan awal budidaya jamur tiram, seperti kegiatan pengayakan, pencampuran bahan media, pembungkusan, dan juga sterilisasi.

B. Ruang Inokulasi


Ruangan ini difungsikan untuk melakukan kegiatan pembibitan pada baglog yang sudah diseterilisasi. Ruangan ini harus benar-benar bersih dari segala kotoran. 

C. Ruangan Inkubasi




Setelah proses inokulasi selesai maka seluruh baglog F3 dimasukan kedalam ruangan ini untuk menjalani masa inkubasi/ penjalaran mesilium.

D.Ruang Pertumbuhan dan Pemanenan




Dalam usaha budidaya jamur ruangan ini dikenal dengan istilah kumbung jamur, fungsinya sebagai tempat pertumbuhan dan pemanenan jamur. Biasanya ruangan ini dipenuhi dengan rak-rak yang sudah dibuat sedemikian rupa. 
 
2. Peralatan dan Bahan Budidaya Jamur Tiram

Dalam pembudidayaan jamur tiram, maka peralatan-peralatan yang harus dipersiapakan terdiri dari ; cangkul, sekop, botol, gerobak dorong, centong, drum dan spatula. Sementara bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah serbuk kayu, bekatul atau dedak, kapur CaCO3), gips (CaSO4), tepung jagung (biji-bijan),  kantong plastik, karet, kapas/ kertas koran dan cincin plastik.


3. Proses Budidaya Jamur Tiram

Dalam proses budidaya jamur tiram ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:


A. Persiapan Bahan


Bahan yang harus dipersiapakan diantaranya adalah serbuk gergaji, bekatul, kapur, gips, dan tepung jagung.


B. Pengayakan


Serbuk kayu yang sudah diperoleh sebaiknya dilakukan pengayakan. Hal ini dimaksudkan agar tingkat keseragaman serbuk terjaga dengan baik dan agar tingkat pertumbuhan misela akan merata. Media pengayak serbuk kayu dapat dibuat sama dengan ukuran mengayak pasir. Dalam proses pengayakan perlu menggunakan masker karena dalam serbuk gergaji banyak tercampur debu dan pasir.


C. Pencampuran

Bahan-bahan yang telah ditimbang sesuai dengan kebutuhan dicampur dengan serbuk gergaji dan selanjutnya disiram dengan air sekitar 50-60 persen atau bila kita kepal serbuk tersebut sudah menggumpal, tetapi tidak keluar air. Hal ini menandakan bahwa kadar air sudah cukup.

D. Pengompresan/ Permentasi
Pengompresan adalah proses pelapukan bahan yang dilakukan dengan cara membumbun campuran media dengan serbuk kayu gergaji dan kemudian ditutup dengan plastik.


E. Pembungkusan (pembuatan baglog)

Pembungkusan dapat dilakukan dengan menggunakan plastik polipropilen dengan ukuran yang dibutuhkan. Cara membungkus, yaitu dengan memaskukkan media kedalam plastik dan kemudian dipukul atau ditumbuk sampai padat dengan botol atau menggunakan filler dan kemudian disimpan.


F. Sterilisasi/ Pengukusan


Sterilisasi dilakukan dengan mempergunakan alat sterilizer/ drum pengukus yang bertujuan menginaktifkan mikroba, bakteri, kapang, maupun khamir yang dapat mengganggu pertumbuhan jamur yang ditanam. Sterilisasi dilakukan pada suhu 90 – 100 derajat celcius selama 4 - 5 jam.


G. Inokulasi (Pemberian Bibit)


Inokulasi adalah kegiatan memasukan bibit jamur ke dalam media jamur yang telah disterilisasi. Baglog ditiriskan selama kurang lebih 6 jam setelah sterilisasi, kemudian kita ambil dan ditanami bibit diatasnya dengan mempergunakan spatula, selanjutnya ditutup dengan kapas/kertas koran dan diikat dengan karet. Adapun ciri-ciri bibit Jamur Tiram yang baik, yaitu:
 

- Varitas unggul
- Umur bibit optimal 45 – 60 hari
- Miselium menyebar dan merata
- Tidak terkontaminasi


H. Inkubasi (masa pertumbuhan miselium) Jamur Tiram


Inkubasi Jamur Tiram dilakukan dengan cara menyimpan di ruangan inkubasi atau langsung diruang pertumbuhan juga bisa, dengan kondisi suhu dan kelembaban tertentu. Inkubasi dilakukan hingga seluruh media berwarna putih merata, biasanya masa ini berlangsung antara 40 – 60 hari.

4. Panen Jamur Tiram

Panen dilakukan setelah pertumbuhan jamur mencapai tingkat yang optimal, pemanenan ini biasanya dilakukan 2 hari setelah tumbuh calon jamur. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk mempertahankan kesegarannya dan mempermudah pemasaran.


UNTUK PEMBELAJARAN BUDIDAYA, BISNIS , JUAL BIBIT SERTA PENAWARAN JAMUR TIRAM PUTIH
Silahkan Hubungi Kami Langsung Untuk Membantu


  Kesuksesan Anda Dalam Membudidayakan Jamur Tiram Putih Secara Baik dan Benar



KAMI SELALU SIAP MEMBANTU ANDA DALAM MEMULAI
MEMBUDIDAYAKAN JAMUR TIRAM PUTIH

 

SERTA MELAYANI
PEMESANAN BAGLOG F3 & KURSUS PELATIHAN LANGSUNG
DENGAN DILENGKAPI BONUS PANDUAN
VCD / DVD

Bagi Anda Yang Berada diLuar Daerah
Diseluruh Nusantara
 Kami Hadir Membuka Pelatihan 
Dengan Tarif Sebagai Berikut :
 1 Orang Saja : Rp. 1 Juta 
 2 s/d 3 Orang  : Rp. 750 ribu / Orang
 4 Orang atau lebih : Rp. 500 Ribu / Orang
HARGA BAGLOG F3 DARI KAMI Rp. 7.000/bh
MINIMAL HARUS MENGAMBIL SEBANYAK 500 Buah
UNTUK HARGA BIBIT F2 PER BOTOL Rp.15 Ribu
( Belum Termasuk Ongkos Kirim ) 

PRODUK HERBAL JAMUR TIRAM PUTIH

  Adalah jenis Pangan Vegetarian, Sangat Enak Untuk di Makan
Siapapun Anda Kalau Sudah Merasakan Nikmatnya  Pasti Akan KETAGIHAN
Untuk Mengkonsumsinya Kembali … ?


BAGI PARA KONSUMEN LOKAL
KAMI JUGA MENJUAL/MELAYANI PEMESANAN ANTAR LANGSUNG KE TEMPAT TUJUAN ANDA
JAMUR TIRAM PUTIH SEGAR SETIAP HARINYA

(100% BEBAS PESTISIDA & BAHAN PENGAWET)

Jika anda berminat silakan hubungi kami :
   A'n NOORDIAN, SE
Telp / Sms : 08125034725
PIN BB 7E9A167E
WhatsApp : 0831 5374 2119

Alamat : Jl. Raya Stagen No.32 Kotabaru
 Kalimantan Selatan

BISNIS JAMUR TIRAM PUTIH DI BANJARMASIN
KALIMANTAN SELATAN INDONESIA

  
ANEKA MASAKAN JAMUR TIRAM



Adalah jenis Pangan Vegetarian, sangat Enak untuk di makan.Siapapun anda kalau sudah merasakan nikmatnya, Pasti akan KETAGIHAN untuk mengkonsumsinya kembali … ?



THNKS TO :

My Father at Skg N' Ktb, My Bigs Family,Master/ Instruktur at Astambul MTP, 

My Boss Creative TNB, Putra Soppeng, Anak - anak Borneo Club,

PM anaknda Tercinta, dan seluruh rekan - rekan yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu..I Love U All...


SEMOGA ISI BLOG INI BERMANFAAT BAGI PEMBACA DAN PEMINAT USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH



SALAM SUKSES BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH